Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Taqwa, Tawaqal dan Istiqomah

Share this history on :
Takwa. Orang yang bertakwa kepada Alloh ialah orang-orang yang mematuhi semua perintah Alloh dan menjauhi semua larangan – larangan Alloh serta memelihara diri dari kejahatan.

Al-maa-Idah (Surat Ke 5 Ayat 35):

Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kamu kepada Alloh dan carilah wasilah (mendekatkan diri kapada Alloh dengan ketaatan dan Amal yang diridhoi- Nya) kapada-Nya dan berjihatlah pada Jalan-Nya supaya kamu mendapat kebe runtungan.

Tawakal. seseorang bisa dikatakan bilamana ia ridho (Iklas) dengan AllohSWT sebagai pemeliharaannya. Tawakal juga bisa diartikan : Orang yang selalu bergantung kepada Alloh. Melakukan kewajiban – kewajiban seolah-olah karena ilham dan seperti di perintah olah Alloh, dan mengakui (menerima) hasilnya bagaimanapun adanya, sebagai kehendak Alloh.

1. Tawakal ialah hati selalu merasa tentram terhadap apa yang telah dijanjikan

Alloh. Dan tawakal yang seperti ini merupakan maqam bidayah, sifat bagi orang mukmin yang awam. Iman gazali memberikan contoh tawakal ini sebagai tawakalnya seseorang kepada wakil, karena ia telah meyakini bahwa wakilnya memang dapat membimbing dan mengurus urusannya. Karena keyakinan inilah yang menyebabkan ia menyerahkan urusannya kepada wakil tadi.

2.Taslim ialah merasa cukup menyerahkan urusan kepada Alloh karena Alloh telah mengetahui tentang kaadaan dirinya. Sikap seperti ini adalah merupakan maqam mutawasith, yang menjadi sifat orang yang khawas, mereka itu adalah para aulia Alloh.

Abu Ya’kub Nahjuri berkata : “Tawakal yang seperti ini menunjukan kesempurnaan mental seseorang seperti yang


Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

1 comments:

hendra susilo mengatakan...

Sangat manfaat,

Posting Komentar