Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Bagaimana Desain yang baik ?

Share this history on :
Apakah kebaikan hasil rancangan/ desain hanya tergantung dari luar? Atau masih ada hal lain yang perlu dipertimbangkan,misalnya bahan,kontruksi dan sebagainya untuk menghasilkan desain yang baik dan benar???

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dengan seksama secara menyeluruh supaya desain menjadi baik dan benar, yaitu:

- Tujuan pemakaian

- Keinginan pemakai

- Bentuk/ kesan/ penampilan luar

- Bahan yang dipakai

- Konstruksi

- Cara pembuatan

Contohnya adalah lemari kayu, meskipun dikuatkan dengan plat dan baut besi, tetap belum menghasilkan suatu desain yang berfungsi baik. Contoh ini menunjukkan kurangnya pengetahuan bahan( kayu)

Pintu yang kecil kurang menunjang fungsi almari dengan baik. Teknologi kurang baik menjadi penyebabnya. Kayu pecah dan melengkung meskipun ditahan besi. Hal ini menjadi kekurang pahaman tentang bahan.

Dalam perencanaan, tujuan desain harus jelas dahulu. Makin jelas tujuan desain,makin mudah langkah selanjutnya. Bahan harus sesuai dengan tujuan. Hal ini dicapai dengan memperhatikan hubungan –bubungan seperti :

Bahan- Fungsi

Misalnya :

Tahan bahan kimia: Formika mudah dibersihkan.

Bahan-Bentuk/Reaksi

Misalnya :

Bentuk lengkung:pipa,rotan

Modern : kaca,stainless stell

Bahan- kontruksi

Misalnya :

Dimensi besar : kayu lunak

- beban

Dimensi kecil: logam

Dengan begini,desain akan mudah dipahami dan berkarakter.
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

2 comments:

Anonim mengatakan...

INI SEMUA GAMBAR-GAMBAR DAN ARTIKEL ANDA MERUPAKAN GAMBAR DAN ARTIKEL PERUSAHAAN KAMI YAITU CV. HARAPAN CEMERLANG (www.hc-arsitekrumah.com).JADI HARAP SEGERA DIHAPUS. KARENA ANDA SUDAH TERMASUK ORANG PLAGIAT KELAS BERAT.
BILA ANDA TIDAK MENGHAPUS DALAM WAKTU 1 MINGGU ANDA AKAN MENDAPATKAN TUNTUTAN HUKUM. BILA SUDAH MENGHAPUSNYA, CONFIRM KE EMAIL PERUSAHAAN KAMI.

Ignatius Gunadi mengatakan...

Ini tidak baik pak kalau anda melakukan copy paste seperti ini. Kasian yang memiliki ide demikian. Salam jasa gambar rumah archiness indonesia

Posting Komentar